Monday, May 20, 2013

6 Inovasi Terbaru Yang Hadir di Google I/O

Konferensi tahunan Google I/O 2013 yang berlangsung 15 hingga 17 Mei di Moscone Center, San Fransisco kemarin mengungkap beberapa inovasi terbaru yang dihadirkan perusahaan mesin pencari asal Mountain View, California. Pada acara yang dihadiri kurang lebih 6.000 developer dari berbagai penjuru dunia dan disaksikan oleh jutaan orang via live streaming itu, Google memperkenalkan berbagai terobosan terbaru mereka dari seluruh lini bisnis, terutama di sektor sistem operasi (Android) dan peramban (browser) Chrome. Berikut ini kami rangkum enam inovasi terbaru dari Google yang baru-baru ini diperkenalkan via gelaran Google I/O yang baru saja berakhir beberapa hari lalu.
1. Google Play Games
Tak ingin ketinggalan dari Apple Game Center, kini layanan Google Play dibekali fitur sejenis. Google secara resmi memperkenalkan layanan Google Play Games. Play Games dibekali fasilitas penyimpanan data game berbasis cloud. Selain itu, layanan game ini juga memiliki kemampuan sinkronisasi penyimpanan game. Hal ini memungkinkan pemain untuk dapat meneruskan permainan di perangkat lain.
Google menghadirkan layanan game ini untuk dapat diakses perangkat Android minimal versi 2.2 Froyo. Hingga saat ini, Google telah bekerjasama dengan banyak pengembang untuk menghadirkan sederet game untuk layanan terbaru mereka ini.

2. Google Play Music All Access 
Google Play Music All Access merupakan layanan streaming musik berlangganan yang memungkinkan Anda mendengarkan jutaan lagu dari ponsel atau tablet. Anda juga bisa membuat stasiun radio sendiri dari lagu atau musisi yang disukai, juga melakukan pencarian berdasarkan rekomendasi dari pakar musik.
Google Play Music All Access diharapkan dapat bersaing di segmen layanan streaming musik berlangganan yang belakangan ini didominasi oleh Spotify, Netflix, dan Pandora. Untuk langkah awal Google memasang biaya berlangganan cuku terjangkau, yaitu US$ 9,99 per bulan. 

3. Update Google Maps
Aplikasi Google Maps kini tidak saja hadir untuk perangkat mobile, namun aplikasi ini pun akan tersedia dalam versi desktop PC. Google mengumumkan versi update dari aplikasi Maps versi mobile, dan memperkenalkan Maps versi desktop PC yang akan dibekali sederet fitur unggulan. Hebatnya, Maps versi komputer meja ini telah didukung oleh dua layanan navigasi besutan Google lainnya yaitu, Google Earth dan Street View.
Dengan dukungan Google Earth dan Street View, Maps versi desktop PC mempunyai keunggulan di sisi database lokasi pencarian dan tentunya pencitraan yang mengagumkan. Tak ketinggalan, menjelajahi peta versi 3D ala Street View pun dimungkinkan untuk dilakukan. 

4. Google Hangouts
Untuk mengejar ketertinggalannya di segmen layanan pesan atau messaging, Google memperkenalkan aplikasi Google Hangouts. Hangouts adalah layanan messaging terpadu yang akan menggantikan posisi Google Talk, Google+ Messenger, dan Google+ Hangout video chat. Yang sedikit di luar dugaan adalah, aplikasi ini tidak saja tersedia bagi platform Android, namun hadir pula untuk platform iOS dan desktop PC.

5. Update Android 4.3 Jelly Bean
Sebelumnya, sejumlah rumor menyebutkan Google akan merilis sistem operasi Android 5.0 Key Lime Pie di gelaran Google I/O 2013. Namun rupanya Google malah merilis sistem operasi update terbaru Android 4.3 Jelly Bean.Android 4.3 Jelly Bean akan didukung dengan Bluetooth Low Energy (BLE) dan OpenGL untuk Embedded System 3.0. Bluetooth Low Energy (BLE) memungkinkan pengguna Android 4.3 menghemat baterai ponsel saat menggunakan koneksi Bluetooth dengan perangkat seperti speaker dan smartwatch. Sedangkan OpenGL mampu memberikan efek visual saat bermain game. 

6. 'Google Galaxy S4'
Pada acara itu Google memperkenalkan smartphone Galaxy S4 ala Google yang menjalankan sistem operasi Android versi stock (AOSP). Dari sisi spesifikasi teknis, tidak ada perbedaan antara Galaxy S4 versi Google dengan S4 versi Samsung. Yang sedikit membedakan adalah, Galaxy S4 versi Google tidak mengggunakan antarmuka TouchWiz, namun yang digunkan adalah antarmuka ciptaan Google yang biasa diterapkan pada handset seri Nexus. Varian Galaxy S4 ala Google ini akan dijual langsung melalui Google Play Store.

One response to “6 Inovasi Terbaru Yang Hadir di Google I/O”

terimakasih info google i/o nya sangat bermanfaat..
salam kangen dari Fauzi.. :) mohon dukungannya yah semoga bisa pasang link ini di blog mayang: http://uzi-online.blogspot.com/2013/03/ayo-ikutan-kontes-humor-jokeswebid.html

terimakasiiih..

Leave a Reply