Tuesday, March 2, 2010

Tips dan Trik Permainan Rubiks

Permainan rubiks dapat mudah dilakukan dengan cara mengahapal Algoritma pada rubiks dengan cara merubah huruf vokal yang bisa dilafalkan. misalnya merubah notasi R menjadi Ra, dst. contoh:
R = Ra R’ = Ri R2 = Ro l = le x = sa
L = La L’ = Li L2 = Lo r = re y = ya
F = Fa F’ = Fi F2 = Fo u = we x’ = si
B = Ba B’ = Bi B2 = Bo l’= lei y’= yi
D = Da D’ = Di D2 = Do r’ = rei
U = Wa U’ = Wi U2 = Wo u’ = wei

Konversi tersebut pada prinsipnya menambah semua notasi standar dengan huruf a, menambah notasi counter clockwise dengan i, dan sebagainya. Khusus untuk notasi U, mengingat dengan aturan tersebut menjadi Ua dan Ui, maka untuk mempermudah dirubah menjadi wa dan wi. Dengan aturan tersebut, contoh yang bisa diambil adalah sebagai berikut:
Permutasi T = R U R' U' R' F R2 U' R' U' R U R' F' dirubah menjadi = Rawariwirifarowiriwirawarifi = Rawariwi Rifarowi Riwira Warifi
Contoh lain = R U' R' U R'2 y R U R' U' F' d R'2 F R F' =>> Rawiriwaroiyarawariwifideroifarafa ---> Rawari waroiyarawa riwifi deroifarafa
Beberapa OLL dan PLL memiliki pasangan satu sama lain. Dengan ini, kita bisa mengingat dan melatih 2 algoritma sekaligus dalam 1 kali sesi latihan. 

Contoh =
Lakukan algoritma A pada sebuah cube yang tidak teracak maka jika eksekusi kita benar akan terbentuk pola B, demikian pula sebaliknya. Jika kita memasukkan pola B pada sebuah cube yang tidak scrambled maka akan terbentuk pola A. Lakukan hal tersebut berulang ulang hingga secara otomatis kita dapat mnghafal kedua algoritma sekaligus.
selamat mencoba :D

No response to “Tips dan Trik Permainan Rubiks”

Leave a Reply