Sunday, February 27, 2011

Masalah Pokok Ekonomi

MASALAH POKOK EKONOMI

1. Arti dan Masalah Ilmu Ekonomi

Kata ekonomi (economy) berasal dari kata Yunani yang mengandung arti “one who manages the household”. Arti ini secara literal berasal dari dua suku kata yang selama ini kita fahami, oicos dan nomos. Sedangkan ilmu ekonomi atau ekonomika atau economics adalah ilmu yang mempelajari manajemen rumah tangga tersebut. Menurut Lipsey et al. (1999) definisi ekonomika adalah ilmu sosial yang mempelajari tentang masalah ekonomi. Lebih lanjut, menurut Lipsey, definisi yang cukup baik adalah menurut Alfred Marshall yang mengartikan political economy atau economics sebagai sebuah studi tentang manusia dalam urusan hidupnya sehari-hari. Dengan kata lain ekonomika adalah sebuah studi tentang penggunaan sumber daya yang langka (scarce) untuk memenuhi keinginan manusia (yang tidak terbatas). Kelangkaan (scarcity) adalah masalah sentral dalam ekonomika. Dalam manajemen rumah tangga, untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari, manusia berhadapan dengan sumber daya yang terbatas. Sehingga terdapat konsep pilihan (choice) dan pengorbanan (opportunity cost) sebagai konsekuensi dari kelangkaan ini. Esensinya manusia akan berhadapan dengan seni mengelola sumber daya dengan melakukan pilihan untuk mendapatkan manfaat dari suatu pilihan dan menghilangkan manfaat dari pilihan lain untuk mencapai tujuannya. Untuk memahami masalah utama ilmu ekonomi ini, terdapat beberapa pertanyaan mendasar. Apakah kelangkaan adalah sesuatu yang tidak terhindarkan? Mengapa? Dan bagaimana konsekuensi logisnya berupa pilihan dan pengorbanan tersebut dapat tercipta?

A. Kelangkaan

Pada dasarnya, baik individu dengan jumlah sumber daya yang banyak (kaya) maupun yang miskin akan berhadapan dengan persoalan kelangkaan. Hal ini dikarenakan manusia cenderung menginginkan sesuatu lebih dari apa yang dapat dicapainya. Baik individu dengan pendapatan Rp10.000 per hari dan yang dengan pendapatan Rp1 juta perhari akan menghadapi kelangkaan dan pilihan. Lihat ilustrasi sederhana di sekitar kita. Bayangkan seorang mahasiswa biasa tingkat pertama, bisa jadi ia menginginkan untuk mengerjakan tugas ospek sekaligus tugas kuliah dengan sempurna. Namun waktu membatasinya. Atau keinginan untuk memiliki buku teks sekaligus pulsa untuk telepon selulernya. Pendapatan‟ atau jatah dari orang tua membatasinya. Kelangkaan ini juga terjadi pada tingkat komunitas atau sosial. Secara mendasar sumber daya yang dihasilkan/dimiliki relatif lebih sedikit dibandingkan jumlah yang diinginkan oleh masyarakat. Penyebab barang atau jasa menjadi langka adalah karena 2 hal, yaitu penyebab alami dan penyebab yang tidak alami. Penyebab alami maksudnya adalah kelangkaan barang yang disebabkan oleh faktor alamiah, misalnya bencana alam yang membuat barang-barang menjadi banyak yang hilang atau rusak sehingga ketersediaan barang berkurang. Hal ini wajar dan tak menjadi masalah.
Yang menjadi masalah adalah penyebab yang tidak alami atau karena perilaku manusia. Penyebab ini jelas-jelas disengaja dan jelas-jelas pula merugikan pihak lain. Kenyataannya, penyebab karena ulah manusia inilah yang merupakan penyebab utama masalah pokok dalam ekonomi. Coba saja lihat beberapa contoh tindakan merugikan berikut ini.
  • Keserakahan dan tidak pernah puas akan kepemilikan terhadap suatu barang atau jasa, seperti yang telah diungkapkan dalam hukum Gosen I. Akibatnya, beberapa kelompok menjadi sangat kaya karena eksploitasi besar-besaran, sedangkan kelompok lain memiliki keadaan sebaliknya.
  • Adanya ketakutan kelangkaan suatu barang yang suatu saat akan terjadi menyebabkan banyak orang menimbun barang dengan sengaja. Akibatnya, terjadilah kelangkaan.
B. Pilihan

Dari uraian tersebut, pilihan adalah konsekuensi logis dari kelangkaan. Dan sekali lagi, setiap individu akan melakukan pilihan yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi dan kapasitas sumber dayanya. Namun satu hal yang sama adalah semua individu atau komunitas melakukan pilihan. Pilihan berarti mendapatkan sesuatu dan meninggalkan yang lain. Di sinilah muncul konsepsi biaya. Bahwa untuk mendapatkan manfaat dari sebuah barang atau jasa kita harus mengorbankan manfaat dari barang atau jasa lainnya. Mendapatkan suatu lebih berarti sedikit untuk sesuatu yang lain.

2. Masalah Ekonomi Menurut Aliran Klasik dan Modern
 
A. Masalah Ekonomi Menurut Aliran Klasik

Menurut aliran klasik, masalah pokok ekonomi ada 3 yaitu: Produksi, Konsumsi dan Distribusi.
  • Produksi
Kegiatan produksi adalah usaha menciptakan atau meningkatkan nilai guna suatu benda atau jasa dalam rangka memenuhi kebutuhan. Produksi tetap lekat dengan masalah ketersediaan sumber daya dan peluang pasar. Tingkat produktifitas barang/jasa sangat ditentukan oleh dua hal tersebut. Dapat dibayangkan jika pasar begitu besar akan tetapi sumber daya yang dibutuhkan tidak mencukupi untuk produksi dalam skala tersebut. Atau sumber daya mencukupi akan tetapi permintaan pasar rendah, tentu saja hal ini akan membuat produsen menurunkan produktifitasnya. Hal ini juga akan berdampak pada ekonomi makro (akan dibahas pada tulisan selanjutnya).
  • Konsumsi 
Konsumsi adalah segala kegiatan yang menyangkut pemenuhan kebutuhan dan mengurangi/menghabiskan  nilai guna barang/jasa. Seiring dengan waktu, kegiatan konsumsi terus meningkat sesuai dengan keadaan penduduk dan tingkat ekonomi. Diindonesia sendiri kegiatan ekonomi konsumsi dapat di bilang cukup besar untuk skala internasinal mengingat jumlah penduduk di Indonesia adalah terbanyak ke 5 di dunia.
  • Distribusi
Distribusi dilakukan dalam upaya penyaluran barang/jasa dari produsen kepada konsumem. Distribusi tidak hanya dilakukan sekali, tapi dilakukan berkali-kali, gambarannya : barang dari produsen diambil oleh distributor, kemudian pada pengecer mengambill dari distributor untuk sampai ke konsumen.

B.  Masalah Ekonomi Menurut Aliran Modern

Menurut aliran modern, ekonomi modern mengakomodasikan masalah ekonomi dalam 3 masalah pokok yaitu: barang apa yang diproduksi dan berapa jumlahnya (WHAT), bagaimana cara memproduksi (HOW), dan untuk siapa barang tersebut diproduksi (WHOM).
  •  Barang apa yang diproduksi dan berapa jumlahnya (WHAT)
Karena sumber daya terbatas, masyarakat harus memutuskan barang apa yang akan di produksi (what). Sangat tidak mungkin untuk memproduksi semua jenis benda pemuas kebutuhan. Setelah ditentukan apa yang akan diproduksi, kemudian diputuskan berapa jumlah barang yang harus diproduksi sehingga dapat ditentukan berapa sumber daya yang dibutuhkan untuk proses produksi.
  • Bagaimana cara memproduksi (HOW)
Masalah dalam hal ini adalah:
1). Teknologi atau metode produksi apa yang digunakan untuk memproduksi suatu barang: berapa jumlah tenaga kerja, jenis mesin, serta bahan mentah apa yang akan digunakan.
2). Bagaimana mengkombinasikan faktor-faktor produksi yang ada agar berhasil dan berdaya guna.
  • Untuk siapa barang tersebut diproduksi (WHOM)
Siapa yang memerlukan barang tersebut dan siapa saja yang menikmati hasilnya. Apakah barang-barang yang diproduksi tersebut akan didistribusikan menurut ukuran pendapatan, kekayaan atau kelompok tersebut di masyarakat .




Nama  : Mayang Adi Nuryani
NPM    : 15109469

Source : GOOGLE

No response to “Masalah Pokok Ekonomi”

Leave a Reply