Friday, January 18, 2013

OOP (Object Oriented Programming)

OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek, nah objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi. Saya ambil contoh Pesawat, Pesawat adalah sebuah objek. Pesawat itu sendiri terbentuk dari beberapa objek yang lebih kecil lagi seperti mesin, roda, baling-baling, kursi, dll. Pesawat sebagai objek yang terbentuk dari objek-objek yang lebih kecil saling berhubungan, berinteraksi, berkomunikasi dan saling mengirim pesan kepada objek-objek yang lainnya. Begitu juga dengan program, sebuah objek yang besar dibentuk dari beberapa objek yang lebih kecil, objek-objek itu saling berkomunikasi, dan saling berkirim pesan kepada objek yang lain.
Dalam pemograman berorientasi Objek dikenal Ada beberapa pengertian dasar yang harus kita ketahui yaitu:
  • Class
Dimana class adalah merupakan penggambaran dari sebuah objec atau benda,sifat objek, dan juga apa yang bisa dilakukan oleh objek tersebut. Sebagai contoh adalah pengambaran yang real dalam kehidupan kita adalah tentang dunia transportasi. Tentunya kita semua mengetahui bahwa sangatlah banyak jenis alat transportasi yang ada seperti motor, mobil,pesawat terbang,kapal laut, dan lain sebagainya.Kemudian marilah kita anggap berbagai alat transportasi tersebut sebagai suatu class. Maka motor tentunya mempunyai no polisi,tahun pembuatan,merk dll demikian juga dengan alat transportasi yang lainnya, oleh karenanya hal ini bisa disebut sebagai properties. Selanjutnya motor itu sendiri bisa berjalan maju, berjalan mundur,belok kiri, belok kanan yang mana kegiatan ini disebut method. contoh :
public class ApaMotormu {public static void main(String[] args){Motor punyaku=new Motor();punyaku.motorku();}}
  • Object
Object adalah merupakan suatu bentuk dari class. Kalau kita mengikuti analogi di atas, maka object dari class HEWAN adalah Burung, KAMBING, AYAM, KUDA. Mereka adalah CONTOH dari class HEWAN. Semua dari mereka adalah HEWAN yang mempunyai nama, kaki, Jenis makanan dst. Dan bisa berlari, bersuara, berkembang biak dll. contoh :
public class Peliharaanmu{public static void main(String[] args){Hewan punyaku=new Hewan();punyaku.hewanku();}}
  • Inheritance 
Inheritance yaitu salah satu bentuk teknis untuk membuat sebuah class lebih spesifik lagi. Sebagai contoh dari kasus ini menurut analogi di atas. Misalkan kita akan membuat class yang lebih spesifik dari ORANG yaitu siswa/student. Maka class ini mempunyai properti tambahan sekolah tempat dia belajar. Akan tetapi, semua properti sebagai orang ada juga pada class siswa ini. Contoh:
Public Class ORANG_TUA‘variabel untuk menampung nama bapakPrivate XBapak As String‘variabel untuk menampung nama ibuPrivate XIbu As String‘property (atribut/informasi) classPublic Property Nama_Bapak() As String‘Get : hanya ijinkan akses dataGetReturn XBapakEnd Get‘Set : mengijinkan ubah dataSet(ByVal value As String)XBapak = valueEnd SetEnd Property‘property (atribut/informasi) classPublic Property Nama_Ibu() As StringGetReturn XIbuEnd GetSet(ByVal value As String)XIbu = valueEnd SetEnd PropertyEnd Class
Turunkan dengan inheritance :
Public Class ANAK_WANITA‘membuat turunan dari base classInherits ORANG_TUAPrivate XWanita As StringPrivate XUsia_W As StringPublic Property Nama_Wanita() As StringGetReturn XWanitaEnd GetSet(ByVal value As String)XWanita = valueEnd SetEnd PropertyPublic Property Usia_Wanita() As ByteGetReturn XUsia_WEnd GetSet(ByVal value As Byte)XUsia_W = valueEnd SetEnd PropertyEnd Class
  • Encapsulation
Encapsulation, yaitu mengemas suatu objek sehingga pada saat kita akan memakai objek tersebut kita tidak perlu lagi tahu tentang detail bagaimana suatu action itu terjadi. Contoh dalam hal ini, misal siswa (suatu object) sedang menulis (method). Maka detail dari tentang cara siswa itu menulis (bagaimana otot tangan itu bekerja untuk menulis, bagaimana sistem saraf pusat memerintahkan untuk menulis) kita tidak perlu mengerti. Kita hanya melihat si siswa sedang menulis. Contoh :
class Siswa{String nama;String nim;void isiData ( String namaku,String nimku ){nama = namaku;nim = nimku;}String ambilNama(){return nama;}String ambilNim(){return nim;}}public class Mahasiswa{public static void main ( String [] args){Siswa mahasiswa_itn = new Siswa(); //membuat variable instantmahasiswa_itn.isiData(“Dina Damayanti”,”0412585″);System.out.println( “Nama : ” + mahasiswa_itn.ambilNama());System.out.println( “Nim : ” + mahasiswa_itn.ambilNim());}}
  • Polymorphism
Polymorphism, yaitu suatu object bisa bertindak lain terhadap message/method yang sama. Misalkan kita punya satu class hewan dan diturunkan menjadi dua class hewan berkaki dua dan hewan berkaki empat. Ketika hewan berkaki dua melakukan method makan maka yang dilakukan adalah makan dengan paruhnya, dan ketika hewan berkaki empat juga makan maka dia akan menggunakan mulutnya. Keduanya melakukan aksi yang sama yaitu makan akan tetapi perlakuannya lain. Contoh :
class Binatang{public void info(){System.out.println(” Info tentang Hewan : “);}}class Herbivora extends Binatang{public void info(){System.out.println (“Info pada herbivora: Memakan makanan berupa tumbuh – tumbuhan”);}}class Kelinci extends Herbivora{public void info(){System.out.println(“Info pada Kelinci: Memakan makanan berupa wortel”);}}public class Polimorfisme{public static void main(String[] args){Herbivora herbivora;Kelinci kelinciku;Binatang hewan;herbivora=new Herbivora();kelinciku=new Kelinci();hewan=herbivora;hewan.info();hewan=kelinciku;hewan.info();}}

No response to “OOP (Object Oriented Programming)”

Leave a Reply