Wednesday, November 28, 2012

Cara Membuat Wi-Fi Tethering (Portable Hotspot) dengan Samsung Galaxy Tab 2

WiFi adalah salah satu fitur yang saat ini dirasa wajib harus ada di perangkat smartphone. Bukan hanya ponsel kelas atas saja yang sudah menerapkan WiFi, bahkan ponsel buat pemula pun sudah banyak yang menyediakan teknologi WiFi sebagai fitur bawaannya. Termasuk Android, kebanyakaan atau katakanlah semua perangkat Android juga telah memiliki fitur WiFi. Selain sebagai fitur bawaan, WiFi juga punya turunan lagi bernama WiFi Hotspot. Apa fungsi WiFi Tethering (Portable Hotspot)? Gampangnya, WiFi Tethering (Portable Hotspot) berfungsi untuk membagi koneksi internet dengan perangkat lain (theterng) yang juga memiliki fitur WiFi.
Sekarang ini paket koneksi internet unlimited semakin murah, baik di jaringan GSM maupun CDMA. Platform Android menerapkan sistem umum dimana koneksi internet juga terbuka untuk umum, tidak seperti BlackBerry yang menerapkan tarif khusus pada koneksi internetnya. Hanya dengan beberapa puluh ribu rupiah sebulan, kita dapat memanfaatkan koneksi internet tanpa batas melalui gadget Android tersebut, baik untuk dimanfaatkan sendiri, ataupun dibagi-bagi (tethering).

Nah, kali ini kita akan mencoba membuat koneksi Wi-Fi (area Hotspot) dengan Samsung Galaxy Tab 2 melalui fitur tethering. Namun, metode ini hanya berlaku untuk handphone Android yang menggunakan sistem operasi Android 2.2 Froyo keatas. Untuk Android 2.1 Eclair ke bawah, fitur ini tidak tersedia, kecuali dilakukan root terlebih dahulu.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:
  1. Tap Settings lalu tap Wireless and networks.
  2. Tap Tethering and portable hotspot.
  3. Tap (ceklis) Portable Wi-Fi hotspot.
  4. Untuk galaxy tab 2,dibagian pojok kanan atas terdapat gambar 3 bata / baris. Tap bagian tersebut.
  5. Tap tulisan Configure.
  6. Ketik Network SSID. Jika perangkat lain akan mengakses hotspot, akan memilih nama ini yang muncul.
  7. Pilih WPA/WPA2 Personal pada bagian security.
  8. Ketik password.
  9. Tap Save.

One response to “Cara Membuat Wi-Fi Tethering (Portable Hotspot) dengan Samsung Galaxy Tab 2”

Unknown said...

intinya bagi"paket unlimeted yaaa?!

dong..dong..dong..

Leave a Reply