Saturday, October 6, 2012

Jelly Bean (Android 4.1)

Android Jelly Bean adalah code name untuk versi Android terbaru yakni android 4.1. Sistem operasi Android Jelly Bean mempunyai berbagai fitur terbaru dengan beberapa keunggulan.Android 4.0 Ice Cream Sandwich saat ini hanya memiliki satu persen dari pangsa pasar Android, tetapi Google tampaknya tidak memperlambat peluncuran versi Android terbaru di mana Rumor terbaru menginformasikan bahwa rilis berikutnya Android - 4.1 Jelly Bean - akan dilakukan pada kuartal kedua tahun ini. Menurut informasi DigiTimes, mengutip info dari para pembuat pasokan Taiwan, Android 4.1 Jelly Bean akan membawa optimasi lebih lanjut untuk perangkat layar yang lebih besar - yaitu tablet dan komputer netbook. Google secara resmi telah memamerkan Jelly Bean sebagai generasi terbaru dari Android. Sistem operasi ini pun disebut-sebut punya sejumlah fitur yang telah disempurnakan dari generasi sebelumnya.Melalui gelaran Google I/O yang digelar di San Francisco, Amerika Serikat, tabir Android Jelly Bean yang belakangan mulai hangat diperbincangkan akhirnya tersingkap.
Ada beberapa perubahan besar atau pun perubahan kecil yang membuat Jelly Bean terlihat lebih 'manis' dibanding Ice Cream Sanwich (ICS).
Salah satu fitur kunci dari rilis Android mendatang adalah kemampuannya untuk dual-boot Chrome OS. Platform berbasis cloud ini masih berjuang untuk membuat dampak dan Google jelas berencana menggunakan Android sangat populer untuk mengubah itu. Dual-boot juga akan membuat Android 4.1 Jelly Bean lebih mudah masuk ke pasar dari pembuat komputer. Mengingat popularitas Asus Transformer Prime, memungkinkan ada ceruk untuk komputer ultra-portabel dengan baterai yang bisa bertahan sangat lama dan kinerja yang baik, walau mereka tidak menjalankan OS desktop biasa seperti Windows atau Linux.

Fitur terbaru Jelly Bean Android 4.1 sebagai berikut:
1. Full chrome browser, Fitur yang menawarkan berselancar di dunia maya dengan komputer tablet atau smartphone selayaknya berselancar dengan chrome di PC atau komputer. Pada Android Jelly Bean Chrome Browser ini sudah disempurnakan sehingga sesuai dengan layanan di PC/Komputer dengan menggunakan Smartphone yang tentunya sudah disesuaikan dengan layar Smartphone android anda.
2. Dual boot, Keunggulan yang luar biasa dengan fitur dual boot yang memungkinkan kita menggunakan 2 sistem operasi dalam satu perangkat komputer kita.
3. File Manager yang lebih baik, Pada Android versi sebelumnya terdapat file manager atau pengelola data yang bisa di download pada Android market pada Android 4.1 Jelly Bean ini pengguna dimudahkan dengan tersedianya langsung file manager saat menggunakan Android Jelly Bean tanpa harus download dan Install file manager pihak ketiga di Android market.
4. Keyboard Virtual, Terdapat fitur keyboard virtual yang lebih baik dan telah diperbarui. keyboard Virtual ini memudahkan proses penulisan dengan cara penggantian karakter dan hurud (QWERTY) ke angka dan simbol dengan cara menekan tombol sedikit agak lama sampai muncul perubahan keyboard virtual tersebut.
5. Sistem operasi lebih ringan, Kabarnya sistem operasi Android Jelly Bean ini akan lebih ringan disertai kinerja dalam mengakses aplikasi pada Smartphone / komputer lebih cepat.
6. Hemat Baterai , Fitur yang bermanfaat dimana permasalahan umum hampir di semua Smartphone adalah boros baterai. Agar lebih irit dan hemat tenaga baterai Android Jelly bean membenamkan aplikasi khusus penghemat baterai / penghemat daya baterai yang langsung bult-in tanpa harus download di Android market.

Keunggulan:
1. Aplikasi Google Now, 
Google Now merupakan aplikasi berbasis lokasi yang diklaim mampu memberikan banyak informasi kepada penggunanya, ini adalah salah satu fitur unggulan di Jelly Bean. Tak seperti sistem berbasis lokasi pada umumnya, Google Now dapat bekerja menggunakan search history dari browser, kalender serta lokasi pengguna. Hal ini diyakini dapat menghasilkan informasi yang lebih relevan untuk masing-masing pengguna. Misalnya, ketika pengguna sedang ada jadwal meeting disuatu tempat. Google Now akan membantu Anda untuk mengingatkan agar datang tepat waktu dengan menginformasikan estimasi lama perjalanan, jadwal bus untuk sampai ke tempat tujuan, dan lain-lain.
2. Notifikasi Kini lebih Pintar
Bar notifikasi yang ada di Jelly Bean kini dibuat lebih pintar. Katakanlah ketika pengguna mendapat panggilan tak terjawab, maka untuk menelpon kembali melalui bar notifikasi tersebut.
3. Pencarian dengan Suara makin canggih
Memang, sudah sejak lama pengguna bisa melakukan pencarian web dengan perintah suara di Android, tapi kini fitur tersebut dibuat lebih pintar dengan kemampuan menjawab.
4. Tampilan Galery Foto Diperbarui 
Pada Android ICS pengguna sudah ditawarkan mengambil gambar tanpa lag serta kemampuan Burts yang memukau, di Jelly Bean pembenahan justru dilakukan pada aplikasi galery foto.

CARA ROOT JELLYBEAN 4.1.1 GALAXY TAB 2 7 (P3100)
Setelah Gtab 2.7 ente update ke Jelly Bean (4.1.1), rooting yang ada di OS Sebelumnya (ICS 4.0) ikut hilang. Nah mari lakukan cara-cara yang ada dibawah.
Berikut adalah bahan/software yang diperlukan : 
- Odin

STEP 1
Instal terlebih adahulu CWM v6 (ClockworkMod) ini harus diinstal karena untuk proses rootingnya. 
Caranya : 
1. Buka Odin, masukkan CWM6_ROOT_P3100.tar.md5.zip (sebelumnya diekstrak dulu ya gan, karena filenya ada di dalem zip) pada kolom PDA 
2. Lepas USB, Tekan Power + Volume Down lama jangan dilepas sampai Galacy Tab masuk ke mode Download / Flashing, setelah masuk mode download tekan volume up sampai muncul tulisan DOWNLOAD mode
3. Colokkan USB lagi, sampai Odin terdetect (Warna kuning di kolom ID:COM)
4. Lalu klik Flash, tunggu sampai PASS / proses sukses.
STEP 2 :
Nah, setelah CWM terpasang, sekarang cara rootingnya 
1. Taruh file SuperSU-v0.92-mod Jelly Bean.zip
2. Tekan lama Power-Volume Up jangan dilepas sampai masuk mode CWM / Recovery warna biru
3. Pilih Choose zip from External SD Card (pengoprasian make tombol volume up-down untuk atas bawah, dan tombol power untuk memilih/enter)
4. Pilih SuperSU-v0.92-mod Jelly Bean.zip
5. Klik Yes, tunggu sampai install completed
6. Balik ke menu awal CWM & Reboot.
7. Selesai :)

No response to “Jelly Bean (Android 4.1)”

Leave a Reply