Wednesday, January 16, 2013

Cara Membuat Jaringan LAN dengan Bluetooth

Bluetooth adalah teknologi yang memungkinkan dua perangkat yang kompatibel, seperti telepon dan PC untuk berkomunikasi tanpa kabel dan tidak memerlukan koneksi saluran yang terlihat. Teknologi ini memberikan perubahan yang signifikan terhadap peralatan elektronik yang kita gunakan. Jika kita melihat sekeliling kita dimana keyboard dihubungkan pada komputer. Demikian juga halnya dengan printer, mouse, monitor dan lain sebagainya. Semua peralatan itu dihubungkan dengan menggunakan kabel. Akibatnya terjadi masalah banyak kabel yang dibutuhkan di kantor, rumah atau tempat-tempat lainnya. Masalah lain yang ditemui adalah bagaimana menelusuri kabel-kabel yang terpasang jika ada suatu kesalahan atau kerusakan. Bluetooth memperbaiki penggunaan teknologi kabel yang cenderung menyulitkan ini dengan cara menghubungkan beberapa peralatan tanpa menggunakan kabel. Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz (antara 2.402 GHz sampai 2.480 GHz) yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real-time antara host to host bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas. Bluetooth dapat berupa card yang bentuk dan fungsinya hampir sama dengan card yang digunakan untuk wireless local area network (WLAN) dimana menggunakan frekuensi radio standar IEEE 802.11, hanya saja pada bluetooth mempunyai jangkauan jarak layanan yang lebih pendek dan kemampuan transfer data yang lebih rendah.
Ternyata bluetooth juga selain untuk berkirim dan menerima data juga bisa dijadikan untuk LAN atau sering disebut local area network atau dalam bahasa indonesianya disebut jaringan..
untuk membuat jaringan dengan bluetooth caranya seperti ini:
  1. Siapkan 2 buah bluetooth(kalo kita hanya ingin membuat jaringan dengan 2 komputer) beserta drivernya. Pasang bluetooth di USB computer lalu install bluetooth seperti biasa. 
  2. Jika installasi sudah sukses. Biasanya akan muncul icon bluetooth di tray bar. Jika warnanya sudah putih berarti bluetooth aktif dan siap digunakan. Tetapi jika masih merah berarti bluetooth belum aktif, maka yang harus kita lakukan adalah klik kanan iconnya lalu pilih start bluetooth device.
  3. Coba pairing (menghubungkan) antara 1 computer dengan computer lain. Caranya klik kanan icon bluetooth pilih quick connect-network acces-other device. Silakan tunggu sebentar, bluetooth sedang mencari perangkat yang aktif. Jika ada perangkat yang aktif maka akan muncul nama komputer, klik nama komputer itu. Biasanya saat pertama kali pairing akan diminta memasukkan code tertentu. Masukkan saja sembarang code tapi ingat code yang dimasukkan harus sama antara satu komputer dengan komputer lainnya.
  4. Jika sukses maka akan keluar tulisan "created network with...". 
  5. sekarang komputer anda sudah siap untuk saling bertukar data. 
  6. Tetapi biasanya untuk sharing internet masih belum bisa.kita harus melakukan settingan tertentu. Caranya pilih control panel-network connection-pilih coneksi yang kamu pakai, lalu klik kanan pilih properties-advanced. Kemudian akan ada pilihan internet connection sharing. Aktifkan pilihan "allow other network users to connect through this computer internet's connection". lalu di kotak home network connection pilih "bluetooth network". 
Nah, sekarang anda sudah bisa berjelajah di dunia internet dengan dua komputer tanpa di repotkan dengan kabel.

Catatan: biasanya untuk setiap bluetooth pilihannya berbeda beda.tapi pada intinya yang penting ada pilihan network acces,berarti bluetooth itu bisa dijadikan jaringan.

Karakteristik Bluetooth: 
karakteristiknya ini Bluetooth sangat baik bila di buat menjadi perangkat LAN
Karakteristik Bluetooth (10meter)
Parameter Spesifikasi
Frekuensi ISM band, 2400 – 2483.5 MHz (mayoritas), untuk beberapa negara mempunyai batasan frekuensi sendiri, spasi kanal 1 MHz.
Maximum Output Power : Power class 1 : 100 mW (20 dBm)Power class 2 : 2.5 mW (4 dBm)Power class 3 : 1 mW (0 dBm)
Modulasi GFSK (Gaussian Frequency Shift Keying), Bandwidth Time : 0,5; Modulation Index : 0.28 sampai dengan 0.35.
Out of band Spurious Emission 30 MHz – 1 GHz : -36 dBm (operation mode), -57 dBm (idle mode)1 GHz – 12.75 GHz: -30 dBm (operation mode), -47 dBm (idle mode)1.8 GHz – 1.9 GHz: -47 dBm (operation mode), -47 dBm (idle mode)5.15 GHz –5.3 GHz: -47 dBm (operation mode), -47 dBm (idle mode)
Actual Sensitivity Level -70 dBm pada BER 0,1%
Spurious Emission 30 MHz – 1 GHz : -57 dBm1 GHz

One response to “Cara Membuat Jaringan LAN dengan Bluetooth”

ditambah gambar tambah jelas neng ..hihiiii..

Leave a Reply