Thursday, January 17, 2013

Web Browser

Pengertian Web Browser 
Web Browser atau yang lebih dikenal browser adalah suatu program atau aplikasi yang digunakan untuk menjelajahi Internet atau untuk mencari sebuah informasi dari suatu halaman Web/Blog. Awalnya Web Browser hanya berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar. Namun, Web Browser sekarang tidak hanya menampilkan text dan gambar tetapi juga file multimedia seperti video dan suara. Browser juga dapat mengirim dan menerima e-mail, mengelola bahasa HTML (Hyper Text Markup Language) sebagai input, dan menjadikan halaman Web sebagai hasil output yang informatif. 
Browser juga bisa disebut sebagai Jembatan antara pengguna Internet dengan Internet. Tanpa web browser mustahil para pengguna internet dapat memanfaatkan Internet. Dengan menggunakan web browser ini juga, para pengguna Internet juga dapat mengakses dan memanfaatkan berbagai informasi yang terdapat di Internet dengan mudah. 

Sejarah Web Browser 
Web Browser yang pertama bernama WorldWideWeb yang berbasis teks, seperti halnya Lynx yang populer hingga sekarang, karena memang sistem dengan antarmuka grafis belum umum digunakan pada saat itu. Baru setelah sistem berbasis grafis mulai banyak digunakan, seorang mahasiswa bernama Marc Andressen di University of Illinois di Urbana-Champaign, Amerika Serikat, membuat sebuah web browser berbasis grafis pertama yang berjalan di atas sistem operasi Windows dan UNIX (berbasis Motif). Web browser tersebut dinamakan dengan Mosaic. 
Selanjutnya, setelah lulus dari universitas, Marc ditawari oleh Jim Clarc, salah seorang petinggi Silicon Graphics Incorporated (SGI), untuk membuat perusahaan dengan nama Mosaic Communication, yang kemudian berubah menjadi Netscape Communication. Marc membuat sebuah web browser populer pertama yang digunakan oleh umum, yang disebut dengan Netscape Navigator. Pada saat pengembangannya, Navigator memiliki nama kode Mozilla. Navigator merupakan web browser komersial, akan tetapi seiring dengan waktu akhirnya Navigator pun menjadi dapat diperoleh secara gratis. Sementara itu, web browser Mosaic yang gratis tidak diteruskan lagi pengembangannya, dan diserahkan kepada NCSA (National Computing for Supercomputer Application). Karena NCSA tidak memiliki izin untuk mengkomersialkan produk Mosaic, NCSA akhirnya menjual Mosaic kepada Spyglass, yang akhirnya membuat Mosaic menjadi web browser komersial. 
Microsoft, yang terlambat turun di pasar web browser pun membeli lisensi Mosaic dari Spyglass, sehingga pada akhirnya merilis produk web browser-nya, yang disebut sebagai Internet Explorer. Dengan dirilisnya Internet Explorer, muncullah perang besar antara web browser populer, yakni antara Netscape Navigator, dan Microsoft Internet Explorer. 

Fungsi Web Browser 
Web Browser memiliki fungsi sebagai berikut: 
  • Mendapatkan informasi yang diminta dan menampilkannya
  • Berinteraksi dengan server
  • Menampilkan dokumen elektronik
  • Download dan upload informasi
  • E-mail
  • Newsgroup 
  • Berbelanja secara elektronik
  • Hiburan (games, musik, dan video)
  • Belajar berbagai literatur keilmuan
  • Berpartisipasi dalam kelompok diskusi
Komponen Web Broser 
  1. Title Bar: digunakan untuk menampilkan nama atau judul halaman website yang sedang dibuka pada browser
  2. Menu Bar: digunakan untuk mengakses fungsi-fungsi browser, seperti menyimpan dan mencetak halaman, atau melihat source code-nya. 
  3. Tool Bar: Terdapat beberapa tombol utama yang paling sering digunakan dalam melakukan browsing.
  4. Back untuk kembali ke halaman sebelumnya.
  5. Forward untuk menuju ke halaman berikutnya.
  6. Stop untuk membatalkan browsing.
  7. Refresh untuk mengulang kembali browsing yang gagal dengan alamat yang sama.
  8. Home untuk kembali ke tampilan pertama.
  9. Address Bar sebagai tempat anda mengetikkan alamat sebuah website yang ingin diakses. Misalnya: http://google.com.
Fitur-fitur Web Browser 
Web Browser dapat dibedakan satu sama lainnya dengan melihat fitur yang didukungnya. Web browser modern and halaman web saat ini lebih cenderung memaksimalkan banyak fitur dan teknik yang belum digunakan pada web terdahulu. Beberapa fitur web browser 
  • Format tambahan pada HTML 
Sebagian besar browser mendukung bermacam format tambahan pada HTML seperti format gambar JPEG, PNG and GIF image formats, dan dapat dikembangkan dukungannya misal terhadap SVG dengan menambahkan/menggunakan plugin. 
  • Internet relay chat (IRC) 
Fitur Internet relay chat (IRC) dgunakan untuk mendukung chatting dan dapat digunakan sebagai e-mail client. 
  • Active Content 
Active content digunakan untuk meningkatkan functionality atau menambah kemudahan disain dimana halaman web didasarkan pada scripts yang mengeksekusi program pada web browser. Scripts 
  • Session cookies 
Session cookies digunakan untuk menyimpan informasi selama pengguna menggunakan browser 
  • Bookmark manager 
Bookmark manager merupakan petunjuk kesuatu URL dan hampir semua web browser mendukung fitur ini. Mempermudah dalam melakukan katalog dan akses pada suatu halaman web yang telah atau akan dikunjungi tanpa harusmengingat URL-nya. 
  • 5.6. Autocompletion 
Autocompletaion pengisian alamat URL dan pengisian data pada form-form data merupakan fitur yang disediakan oleh banyak text editors, word processor, dan tentunya web browser. Fitur ini mempunyai kemampuan memprediksi kata atau frase yang mungkin akan diketikan oleh user tanpa user harus mengetik secara lengkap. 
  • Tabbed document interface (TDI) 
Tabbed document interface (TDI) merupakan fitur yang banyak dijumpai pada perangkat lunak berbasis grafis (graphical user interfaces (GUI)), sebuah TDI memungkinkan beberapa dokumen ditampilkan pada satu jendela, dan menggunakan tab sebagai alat navigasi. Kemampuan web browser dalam menanggulangi iklan pop-up yang sering muncul jika kita membuka jendela baru, juga perlu dipertimbangkan. Selain itu adakah kemampuan advert filtering yaitu kemampuan untuk mencegah munculnya isi yang bersifat iklan pada suatu halaman web? Atau adakah kemampuan mencegah phishing yaitu kegiatan kriminal yang umumnya berusaha menumpulkan informasi penting dan sensitive misal password atau nomor kartu kredit. Kebanyakan phishing dilakukan menggunakan email atau instant message.

Macam-macam Web Browser
Pada internet banyak betebaran macam-macam web browser dengan beberapa kelebihan dan kekurangan, dengan mencobanya satu persatu, lalu berganti memakai web browser jenis lain secara berkala dapat menjadi cara untuk mengetahui behaviournya masing-masing. Dan macam-macam web browser tersebut adalah seperti disebutkan dibawah ini:
  1. Mozilla Firefox
  2. Internet Explorer
  3. Google Chrome
  4. Flock
  5. Opera
  6. Safari

No response to “Web Browser”

Leave a Reply